AL HAROMAIN

DAFTAR

  • pakaian
  • buku

Daftar Blog

TEXT

text

zainimjkbgt

zainimjkbgt
zainimjkbgt

zainimjkbgt.blogspot.com

zainimjkbgt

alharomain

Penayangan bulan lalu

Populer

Entri Populer

11 Februari 2012

ILMU SHOROF 1

TOKO ALHAROMAIN MENJUAL PAKAIAN JADI D 54-D55 AND B19-B20 PASAR TANJUNG Mengenal Ilmu Sharaf : Bagian 1

Berbicara ilmu sharaf, ane gak tau padanan kata atau istilah yang paling sesuai dalam bahasa kita, bahasa Indonesia. Yang jelas, sharaf adalah ilmu tentang perubahan kata dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Jika dalam bahasa inggris kita akan menemukan contoh berikut:

drink – drank -drunk
go – went – gone

atau mungkin dalam bahasa kita, kita menemukan contoh perubahan kata makan menjadi:
memakan- makanan – dimakan dan sebagainya.

Istilah yang perlu diketahu:
Wazan : suatu rumus baku, dimana setiap kata kerja nantinya akan masuk ke salah satu dari 35 rumus baku perubahan kata. Dari 35  wazan atau bab, 6 diantaranya untuk kata kerja yang tersusun dari 3 huruf saja. Selebihnya (29 bab yang lain), untuk kata kerja yang lebih dari 3 huruf.

Tashrif: perubahan kata dari kata kerja menjadi bentuk-bentuk yang lain. Secara umum, suatu kata berubah menjadi jenis perubahan kata sebagia berikut:
  1. Fi'il Madhi (kata kerja lampau, past tense)
  2. Fi'il Mudhari (Kata kerja sekarang, present continous tense)
  3. mashdar (kata benda)
  4. Fa'il (subyek)
  5. Maf'ul (obyek)
  6. Fi'il Amar (kata kerja perintah)
  7. Fi'il Nahiy (kata kerja larangan)
  8. Isim Zaman (nama waktu), Isim Makan (nama tempat), Isim Alat (nama alat). Untuk yang ke delapan ini bentuk tahsrif yang jarang ditemui, karena penggunaannya benar2 sima'iy, artinya dipakai tergantung dari penggunaannya di kalangan orang arab.

Ilmu sharaf membutuhkan lebih banyak hafalan dan sedikit pemahaman. Asyiknya belajar sharaf adalah, bentuknya yang telah baku. Kalau kata ustadz ane, satu bab saja yang kamu hafaldan kamu fahami, maka kamu akan mudah menghafal dan memahai 34 bab sisanya. Ternyata memang benar dan ane telah merasakan itu.

Perlu diperhatikan bahwa tahsrif dalam ilmu sharaf bersifat qiyasy (baku) adapun penggunaannya bersifat sima'iy (tergantung dari digunakan atau tidak di kalangan orang arab).

Manakah yang lebih penting antara ilmu nahwu dan sharaf?
Jawabannya sama-sama penting.  Ilmu sharaf menyiapkan kata-kata yang baik untuk digunakan, ilmu nahwu  menyusun kata-kata yang ingin digunakan agar bisa dipahami.

Sumber belajarnya?
Untuk yang ingin belajar ilmu sharaf, ane anjurkan sekali untuk membeli kitab kecil berjudul Al Amtsilah At Tashriifiyyah. Banyak sekali di toko kitab di indonesia, apalagi di tanah abang (hehe..). Pasti si penjual tahu kitab  ini.

Tidak ada komentar: